Monday, March 28, 2011

Solusi Cepat Hindari Malware Pada Ponsel Android Anda

Hasil dari laporan terbaru menngatakan hampir lebih dari 50 aplikasi yang tersedia di tempat penjualan agen resmi Android , Android Marketplace, mengandung software sangat berbahaya bagi PC phonecell atau malware. Android ini mempunyai kemampuan mengakses ponsel milik pengguna dan mencuri data. Jadi, bagaimana cara untuk dapat menghindarinya?

Apa yang telah diulas dalam rangkuman dari PC World pada tanggal (3/3/2011), berikut beberapa cara solusi cepat yang dapat Anda lakukan untuk menjaga ponsel Android Anda dari software berbahaya atau malware:

Pertama;
Selalu mencari informasi tentang pembuat aplikasinya. Lihat apa yang ditawarkan oleh aplikasi lain. Apakah mereka terlihat cukup mencurigakan. Jika iya, lebih baik tidak menggunakannya

Kedua;
Baca ulasan mengenai aplikasi itu secara online. Ulasan yang ada di Android Market tidak selalu bisa dipercaya. Coba jelajahi dunia maya untuk melihat situs yang punya reputasi baik. Apa yang mereka katakan mengenai produk aplikasi tersebut.


Ketiga;
Selalu cek adakah persetujuan dari aplikasi terkait. Ketika anda mengunduh atau mengupdate aplikasi, beberapa mungkin membutuhkan persetujuan untuk itu. Namun ada juga aplikasi yang tidak butuh seputar informasi mengenai kontak anda. Perlu diperhatikan: jika sebuah aplikasi meminta lebih dari apa yang dia butuhkan untuk melakukan tugasnya, lewatkan saja.

Keempat;
Hindari menginstal langsung dokumen Android Package (APK). Ketika game Angry Birds pertama kali datang untuk Android, ia hanya bisa didapat melalui pihak ketiga. Ini disebut “sideloading” atau menginstal aplikasi melalui dokumen berformat .APK. Meskipun Angry Birds bukan malware, sangat direkomendasikan untuk tidak mengunduh dan menginstal sembarang file .APK yang ditemui. Tidak akan tahu apa yang dikandung file sebelum kau menginstallnya-dan itu sudah terlambat.

Kelima;
Gunakan malware atau scanner antivirus di ponsel. Meski banyak orang berfikir ia tidak berguna, kejadian ditemukannya malware di lebih dari 50 aplikasi Android akan merubah pemikiran anda. Banyak perusahaan keamanan jaringan sudah menyediakan aplikasi antivirus gratis.